Merekam Venus

venus_11juli07.jpgVenus adalah planet terdekat kedua dari matahari setelah Merkurius. Planet ini memiliki radius 6.052 km dan mengelilingi matahari dalam waktu 224,7 hari. Atmosfer Venus mengandung 97% karbondioksida (CO2) dan 3% nitrogen, sehingga hampir tidak mungkin terdapat kehidupan.

Arah rotasi Venus berlawanan dengan arah rotasi planet-planet lain. Selain itu, jangka waktu rotasi Venus lebih lama daripada jangka waktu revolusinya dalam mengelilingi matahari.

Kandungan atmosfernya yang pekat dengan CO2 menyebabkan suhu permukaannya sangat tinggi akibat efek rumah kaca. Atmosfer Venus tebal dan selalu diselubungi oleh awan. Pakar astrobiologi berspekulasi bahwa pada lapisan awan Venus termobakteri tertentu masih dapat melangsungkan kehidupan.

Gambar di atas saya ambil pada 11 Juli 2007 jam 18:47 WIB di koordinat 7 33 d LS 110 46 d BT. Magnetudo saat itu sekitar -4.47 pada ketinggian 21d6. Sampai akhir bulan ini Venus akan tampak paling cemerlang sesaat matarai terbenam sampai menjelang jam 9 malam. 

to be continued…

Iklan

Satu Tanggapan

  1. bagaiman kata kata kalian itu. katanya ada CO2 dan ada nitrogen tapi kenapa hampir tidak mungkin ada kehidupan.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: