Foto Hilal Ramadhan 1434 H

Hilal_Akhir_Syaban_1434H_pakarfisika

Alhamdulillah saya berhasil motret Hilal pada 28 Sya’ban 1434 H. Nah foto Hilal 1 Ramadhan 1434 H saya dapatkan dari Sahabat guru saya -Muhammad S. Audah (Odeh) dari Perancis yg bernama Thierry Legault seperti tertera di dalam foto Hilal 1 Ramadhan 1434 H berikut ini:

Foto ini murni ccd dan tidak mungkin dilihat mata. Foto ini diambil oleh seorang astrofotografer ulung, sangat tipis dan dipotret saat terjadi konjungsi: Jadilah ini Foto Hilal Akhir-Sya’ban sekaligus Awal-Ramadhan 1434 H… :-)

Subhanallah….rekor dunia baru ! Bravo Om Thierry Legault

Hilal 1 Ramadhan 1434 H

Hilal 30 Sya’ban & 1 Ramadhan 1434

Hilal kok melengkungnya ke atas begitu? Selengkapnya silakan baca penjelasan Thierry di sini:

http://legault.perso.sfr.fr/new_moon_2013july8.html

Bagi yang belum menemukan jawaban, saya bantu memahaminya begini:

Perhatikan gambar ini:

Posisi Bulan di bawah Matahari

Posisi Bulan di bawah Matahari

Karena posisi Matahari di atas Bulan, maka hasil jepretan Thierry Legault itu wajar kalau orientasi Bulan melengkungnya ke atas. Sementara Hilal yang pada umumnya sebaliknya.

Thierry Legault memang pawangnya untuk urusan fotografi benda yang di langit. Bahkan, pesawat saja bisa kok difoto, padahal dgn latar belakang Matahari.

ISS dan Atlantis yang jauuuh nun di atas sana bisa difoto oleh beliau itu…:

Pesawat Ulang-Alik dan ISS   by Legault

Pesawat Ulang-Alik dan ISS by Legault

Gambar warna kuning adalah permukaan Matahari yang nampak sebagian. Lalu benda hitam kecil itu adalah Pesawat Ulang Alik Atlantis dan yang besar itu jelas sekali ISS (International Space Station). Foto ini diabadikan pd 16 Mei 2010.

HILAL AKHIR SYA’AN 1434 H:

Foto saya berupa gambar Hilal pada 28 Sya’ban 1434 H adalah salah satu contoh Hilal Akhir bulan. Hilal akhir diamati pada waktu pagi sebelum Matahari terbit, lokasi pengamatan adalah ufuk timur. Jadi kebalikan dengan Hilal awal bulan yang diamati pasca Matahari terbenam dan lokasi pengamatannya di ufuk barat. Namun, kedua Hilal ini memiliki bentuk yang sama, yakni melenkung ke bawah bagian tengahnya. Data tentang Hilal akhir di setiap bulan saya ada di website nya ICOP, yang untuk akhir Sya’ban dapat dilihat di alamat ini:

http://icoproject.org/icop/ram34.html?&l=en

HILAL AWAL RAMADHAN 1434 H:

Yakni Hilal yang terhitung lalau teramati pasca terjadinya konjungsi atau ijtimak. Karena ijtimak Akhir Sya’ban dan Awal Ramadhan 1434 H terjadi pada Senin, 8 Juli 2013 pukul 14:14 WIB atau 07:14 UT,, maka status Hilal sebelum jam 14:14 WIB adalah BUKAN Hilal Awal Ramadhan, maka Hilal Mr. Thierry Legault yang difoto tepat saat 14:15 WIB itu adalah Hilal gitu saja. Dan karena juga bukan saat setelah jam 14:14 WIB, maka ia juga BUKAN Hilal Akhir Sya’ban 1434 H. Maka saya mengistilahkan, itu adalah Hilal Perpaduan antara Akhir Sya’ban dan Awal Ramadhan 1434 H. Itulah mengapa ia juga bernama Hilal rekor … :-)

Foto Hilal 1 Ramadhan 1434 H:

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Dari Indonesia alhamdulillah berhasil dipotret Hilal pd 9 Juli 2013 oleh Tim Kominfo yang dimotori oleh Dr. Mahasena Putra dan M. Irfan, M.Si kedua dari Observatorium Bosscha-ITB.

Pak Seno dan Pak Irfan memang ahli dalam bidang astronomi dan pemotretan objek langit. Maka sangat wajar kalau Hilal tidak tertutup awan dan ketinggian sudah di atas limit Danjon, akhirnya Hilal dapat diabadikan. Beriut Hilal hasil potretan Tim Kominfo yang bertugas di Kupang NTT tersebut:

Hilal 1 Ramadhan 1434 H

Hilal 1 Ramadhan 1434 H

Selamat atas prestasi ini Pak Seno, Pak Irfan dari ITB, juga Pak Bintang dari Kominfo.

Di Indonesia, selain Kupang yang berhasil mengabadikan Hilal adalah dari Makassar, namun saya blm dapat info detail petugas di lapangan. Fotonya sebagai berikut:

Hilal 1 Ramadhan 1434 H

Hilal 1 Ramadhan 1434 H

About these ads

2 Tanggapan

  1. Assalamu`alaikum Pak Ar……….

    Terimkasih Pak untuk infonya, sangat bermanfaat….semoga alloh membalas kebaikan Bapak dengan pahala berlimpah….Aamiin…..Saya selalu menunggu info dari Bapak

    Wassalamu`alaikum
    Tory

  2. Assalamu’alaikum, Pak Ar.. apakah maksud dari hilal yang difoto oleh Thierry Legault. Apakah ini menandakan bahwa esok harinya sudah masuk bulan baru atau gimana ?
    - Bukankah melihat hilal untuk bulan baru biasanya sore menjelang magrib.
    - Tapi kalau melihat tanggal difotonya (9 Juli/ 29 Sya’ban) berarti tanggal 1 ramadhannya adalah 10 juli.
    Makasih pak Ar.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 107 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: