Gerhana Matahari ‘Total’ oleh Venus di 2012

Transit Venus 2012

Transit Venus 2012

Gerhana Matahari terjadi bila permukaan Matahari yg menghadap ke kita tertutup oleh benda lain, misalnya Bulan. Nah, di 2012 ini setidaknya ada dua gerhana Matahari pada 21 Mei dan 14 Nop, namun kita di Indonesia hanya kebagian sisanya saat sunrise, itupun hanya di wilayah timur. Mau puas melihat Gerhana Matahari, dan ‘Total’ (atau sebagian ya..?); mari kita tunggu tgl 6 Juni 2012, mulai Matahari Terbit sampai Dhuhur. Tapi bukan oleh Bulan namun oleh planet Venus. Tenarnya dikenal dengan nama Transit Venus..

// Hasil Observasi Transit Venus 2012 di Solo  //

Video Transit Venus: (Boleh juga disebut Gerhana Venus)

Transit Venus:

Disebut Transit Venus, karena planet Venus sedang melintasi permukaan Matahari yang bisa kita saksikan dari Bumi. Jadi posisi Venus di antara Bumi dan Matahari. Makanya saya sebut Gerhana Matahari ‘Total’ oleh planet Venus, karena perilaku Venus mirip Bulan saat terjadi Gerhana Matahari Total itu. Jadi gerhana Matahari sebenarnya bisa oleh siapa saja, bukan hanya oleh (si-Luna) Rembulan itu.

Karena hanya melintas, maka disebutlah transit. Selama transit, Venus dapat terlihat dari Bumi sebagai bulatan hitam kecil yang bergerak melintasi wajah Matahari yang jauh lebih besar. Warna Matahari yg memerah, sementara warna Venus hitam gelap. Pemandangan yang sangat indah dan menawan. Lamanya transit tersebut biasanya diukur dalam jam (transit tahun 2004 berlangsung enam jam, tahun 2012 ini sekitar 6,5 jam).

Venus saat transit

Venus saat transit

Transit mirip dengan gerhana matahari oleh Bulan. Karena diameter Venus hampir empat kali dari diameter Bulan, maka Venus tampak lebih kecil, dan gerakannya tampak lebih lambat di seluruh permukaan Matahari, karena saking jauhnya jarak Venus dari Bumi.

Pengamatan transit Venus membantu para ilmuwan dalam menggunakan prinsip paralaks untuk menghitung jarak antara Matahari dan Bumi.

Transit Venus adalah salah satu fenomena astronomi paling langka diprediksi. Fenomena ini terjadi dalam pola yang berulang setiap 243 tahun, dengan pasang transit delapan tahun dengan rentang waktu sekitar 121,5 tahun dan 105,5 tahun. Periodisitas ini adalah refleksi dari fakta bahwa periode orbit Bumi dan Venus dekat dengan 8:13 dan 243:395 resonansi.

Sebelum 2004, pasangan terakhir transit terjadi padai Desember 1874 dan Desember 1882. Berikutnya sepasang transit Venus terjadi pada awal abad ke-21 berlangsung yg berlangsung pada tanggal 8 Juni2004 dan berikutnya  pada tanggal 6 Juni 2012 ini. Setelah2012, transit Venus berikutnya akan terjadi pada Desember 2117 dan Desember 2125.

Transit Venus dapat diamati secara aman dengan cara yang sama digunakan saat mengamati fase parsial dari gerhana matahari. Menatap piringan terang Matahari  (fotosfer) dengan mata tanpa filter dapat menyebabkan kerusakan mata yang serius dan bisa jadi permanen.

Observasi Transit Venus di Surakarta:

Fenomena ‘gerhana matahari by venus’ 2012 bisa diamati dari seluruh Indonesia. Dari Solo Raya, pengamatan akan dipusatkan di Observatorium PPMI Assalaam; terbuka untuk umum dan diutamakan pelajar dan para guru. Insya Alloh disiapkan teleskop yg sudah dilengkapi filter matahari dan akan disiarkan secara live via internet.

Insya Alloh, alamat live ada di link ini:

http://www.ustream.tv/channel/transitvenus

Berikut peta transit Venus 2012, by Fred Espenak-NASA:

Peta saat Transit Venus melintasi wajah sang Surya

Peta saat Venus melintasi wajah sang Surya

Dari kota Solo, fenomena ini akan bisa diamati sejak selepas Matahari terbit (sekitar jam 05:13 WIB sudah masuk piringan Matahari), sampai saat Matahari di atas kepala sekitar jam 11:47 WIB. Puncaknya terjadi pada jam 08:09 WIB.

Observasi Transit Venus Pertama:

Pengamatan ilmiah pertama dari transit Venus dilakukan oleh Yeremia Horrocks dari rumahnya di Carr House di Much Hoole, dekat Preston di Inggris, pada 4 Desember 1639 (24 November menurut kalender Julian yg kemudian digunakan di Inggris).

Observasi Transit Venus pertama kali

Observasi Transit Venus pertama kali

Temannya, William Crabtree, juga mengamati fenomena ini dari Broughton, dekat Manchester. Kepler telah meramalkan transit Venus di tahun 1631 dan 1761 dan nyaris di 1639. Horrocks telah mengoreksi perhitungan Kepler untuk orbit Venus dan menemukan bahwa transit Venus akan terjadi pada pasangan 8 tahun – an, dan meramalkan transit di 1639. Meskipun ia tak yakin waktu yang tepat, ia menghitung bahwa transit itu akan dimulai sekitar 03:00.

Horrocks fokus citra Matahari melalui teleskop sederhana yg diproyeksikan ke selembar kertas, di mana gambar dapat dengan aman diamati. Setelah mengamati sepanjang hari, ia beruntung bisa melihat transit seperti awan yg menutupi Matahari hingga sekitar pukul 3:15 sore, hanya setengah jam sebelum matahari terbenam.

Pengamatan Horrocks bisa digunakan untuk mengetahui data tentang Venus; seperti ukuran Venus, serta membuat perkiraan jarak antara Bumi dan Matahari. Dia memperkirakan jarak Matahari dari Bumi kisaran 59,4 juta mil (95,6 Gm, 0,639 AU) – sekitar dua pertiga jarak yang tepat dari 93 juta mil (149.600.000 km), tetapi angka ini yang paling akurat saat itu.

Namun, pengamatan Horrocks ‘tidak dipublikasikan sampai1661, juga setelah kematiannya… sayang sekali.

Transit Venus yang akan datang (dalam WIB):

Kalau event 2012 ini kita tidak bisa melihatnya, maka kita harus sabar menunggu event serupa di tahun-tahun berikut ini….(rata-rata : pagi-siang)

  1. 11 Des 2117,
  2. 8 Desember 2125,
  3. 11 Juni 2247,
  4. 9 Juni 2255,
  5. 13 Desember 2360,
  6. 10 Desember 2368,
  7. 12 Juni 2490,
  8. 10 Juni 2498,
  9. dst….

Media Pengamatan Matahari:

Bahan: Kertas kardus/manila; Lem, Foil atau mika gelap.

Nama alat: Topeng Matahari (diganti topi ya gpp)

Topeng Observasi Matahari

Lubang kecil di Topeng Observasi Matahari

Sosialisasi Astronomi:

Mestinya, media bisa menjembatani dan menjadi pintu untuk publik agar semua fenomena alam khususnya yg berbau astronomi bisa diketahui sebelumnya dan sesudahnya; peliputan media ini menjadi sangat penting.

Hanya di Indonesia, saya melihat peran media belum optimal. Untuk kasus Solo Raya, alhamdulillah media yg saya hubungi selalu memberikan respon yg cepat dan memuat liputannya di media massa.

Media dan Astro Event

Media dan Astro Event di luar Indonesia

Poster Transit Venus 2012:

The Transit of Venus 2012

The Transit of Venus 2012

Aplikasi Android: Transit Venus

Aplikasi ini akan sangat membantu dalam pengamatan/observasi kita saat terjadi Transit Venus pada tanggal 6 Juni 2012 ini. Ingat ..! ini adalah kali dimana planet Venus terlihat di depan Matahari untuk yang terakhir di abad ini.Sebelum transit, kita dapat mengetahui bagian mana dari transit akan terlihat dari lokasi kita dan kapan transit akan mulai dan berakhir.Kita juga dapat mencoba mengukur waktu kontak (ketika piringan dari Venus dan Matahari bersentuhan) menggunakan simulasi transit ini.Selengkapnya Download di [ sini ]Mengukur Jarak Matahari

Pengamatan Transit Venus, yang dilakukan di berbagai titik di muka Bumi, akan dapat digunakan untuk menentukan jarak Matahari dari Bumi. Ide ini diusulkan oleh Edmond Halley,  berangkat daripengalaman selama abad kedelapan belas dan kesembilan belas dalam mengamati Transit Venus dari berbagai belahan Bumi, yang kemudian menyempurnakannya dengan secara-digital yang mereka lakukan secara global pada tahun 2004.

Nah, pada tahun 2012 eksperimen massal akan coba diulang lagi dalam skala yg lebih besar, dengan memanfaatkan teknologi terbaru yang tersedia bagi kita. Ini akan menjadi proyek semua orang yang berminat dan punya kepekaan sains langit.

Pengaruh paralaks menyebabkan transit objek di muka Matahari menjadi berbeda untuk dua pengamat di lokasi yang berbeda di Bumi: Venus tidak memasuki atau meninggalkan cakram Matahari secara bersamaan, dan ketika diamati pada saat yang sama, posisi Venus di depan matahari tidak persis sama. Efek ini yg membuat kita bisa punya dua cara untuk mengukur jarak Matahari dari pengamatan transit Venus.

Cara pertama adalah menghitung waktu awal dan akhir dari transit dari dua stasiun, seperti metode Halley pada 1716. Cara kedua adalah memotret Matahari pada saat yang sama dari dua stasiun dan mengukur perpindahan Venus karena paralaks. Nah cara kedua ini perlu dua orang relawan.

Cari Pasangan Anda…!

Untuk bergabung proyek ini, sebenarnya cukup dengan observasi kita sendiri pada saat Transit Venus dengan menggunakan aplikasi telepon Android di atas. Namun akan menjadi sangat menarik bila kita bisa berpasangan dengan sahabat astronom di lokasi lain, berkomunikasi lalu berjanjian mengamati bersama lalu mengetahui hasilnya bersama-sama.

Club-Club Astronomi amatir atau sekolah-sekolah dapat memanfaatkan cara ini sebagai proyek ekskul global yg menyenangkan…!

Form interaktif untuk mencari dan menemukan Pasangan Anda, disiapkan di link ini.

// Hasil Observasi Transit Venus 2012 di Solo  //

About these ads

15 Tanggapan

  1. wah, subhanallah..izin copas di blog boleh ndak ya? saya sertakan sekalian sumbernya, biar teman-teman jadi tahu.Hehe

  2. kalo sisiarkan lewat internet alamatnya dimana?

    sudah saya pasang di tulisan … maaf lupa, salam

  3. info temuan hukum fisika dasar oleh warga negri sendiri namun perhatian pemerintah kurang. cek link : http://youtu.be/0K55DSa4UXs mhon bantuannya

  4. […] Gerhana Matahari ‘Total’ oleh Venus di 2012 […]

  5. knp kok bisa terjadi ya gerhana matahari oleh planet venus seharusnya hanya bisa dengan planet bumi dan satelit nya (bulan). oh ya apa bisa y klu gerhana matahari terjadi dengan planet yang lainnya. tolong di jawab ya. salam aini

    salam,
    gerhana arti asalnya ditutupi atautertutup. Gerhana Bulan, karena cahaya Bulan tertutup oleh Bumi. Gerhana Matahari, karena cahaya Matahari tertutup oleh Bulan.
    Nah, asal ada benda yg menutupi Matahari, itu juga bisa kita sebut Gerhana Matahari. Bisa Venus, Merkurius (http://en.wikipedia.org/wiki/Transit_of_Mercury), bahkan pesawat (tapi ini terlalu keciiiil – http://4.bp.blogspot.com/_Miv3T60Zq1M/SwqtkVLif3I/AAAAAAAACs4/OLbvcAXSFKo/s1600/bsz1.jpg)

    Karena terlalu kecilnya benda yg melintas di depan piringan Matahari; maka nama yg pas adalah TRANSIT bukan GERHANA… gitu

  6. bykny terjadi gerhana pada masa sekarang ini sebenarnya wacananya bknlah suatu keindahan alam atau fenomena alam yang indah tapi sesuatu yang membuka hati kita utk berpikir apakah sesuatu itu memang sdh mulai tertutup utk kita, pintu2 kita utk bertobat itu sdh mulai tertutup karena asal kata dari gerhana itu jga sebenarnya adalah tertutup. Planet2 berputar menurut orbitnya, tiap planet memiliki garis orbit atau garis putaran edar masing2. Adanya fenomena gerhana venus ini merupakan satu dari gejala alam yang membuktikan adanya transit dari planet2 utk pengisian bahan bakar dari tiap planet termasuk jg terjadi pada planet kita sendiri. Stasiun bahan bakar planet itu adalah matahari hal inilah yang menjelaskan knp pada saat gerhana matahari kita tidak boleh melihat matahari secara langsung karena pada saat gerhana itu matahari lgs memancarkan cahayanya kepada tiap planet yang bertransit tanpa ada hambatan atau penghalang utk memberikan energi pada planet utk perjalanan revolusi dan rotasi planet berikutnya. Saat pengisian bahan bakar tersebut planet tetap berotasi pada sumbunya utk menjaga kehidupan tetap berjalan pada seluruh planet yang lain mrk hanya beristirahat dalam ber-revolusi mengelilingi matahari karena itu diperlukan pengisian bahan bakar dari matahari utk perputaran mrk mengelilingi matahari. Tenaga utk berevolusi lebih besar dari tenaga utk berotasi pada sumbunya. Kalian tahu akibat miringnya bumi kita maaf akibat ulah kita sendiri telah merusak seluruh perputaran planet di seluruh tatasurya aq tidak tahu ada berapa tata surya yang dimiliki alam ini tp yang terpenting tata surya kita sekarang telah bergerak miring. Dan secara otomatis akibat kemiringan tata surya kita ini mengakibatkan matahari pun berputar miring pada sumbunya. Sama seperti pola permainan yoyo dan gasing sesuatu yang masih ada memiliki tali utk menarik mengakibatkan sesuatu bergerak normal pada sumbunya di posisi bumi kita sebut tali itu gravitasi bumi. Dan sekarang tali itu mulai melemah dan sekali lg maaf akibat ulah kita sendiri dan akibatnya sang yoyo tadi telah berevolusi menjadi gasing ingat prinsip gasing tali dilepas dan perputaran gasing yang miring yang telah dilepas itu menjadi semakin cepat an cepat akibatnya akhirnya pada satu titik ia akan berhenti dengan cepat. Sekarang bumi kita ini perputarannya telah seperti gasing yang berputar miring dan akibatnya seluruh planet ikut berputar dengan kecepatan yang disesuaikan dengan cepatnya perputaran gasing bumi kita ini. Kalian tahu apa akibatnya tenaga yang diperlukan utk perputaran rotasi dan revolusi bumi akan semakin besar akibat energi yang kalian serap utk kebutuhan kalian itu. Transit utk pengisian bahan bakar itu akan semakin sering terjadi termasuk di planet2 lain dan itulah sebabnya gerhana yang terjadi dalam jangka waktu puluhan tahun bisa terjadi 2 atau 3 kali dalam setahun dan akibatnya energi matahari itu akan semakin sering terpakai dan kalian tahu akibatnya energi matahari jga memiliki regenerasi yang sama dengan energi yang ada di alam ini lampu itu sepertinya akan mulai rusak nantinya kacau balau akibat semua sistem yang rusak. Sampai pada satu masa akibat semua kekacauan itu mrk akan berada pada posisi yang kelelahan dan berhenti pada satu titik yang sama pada satu garis lurus yang sama seperti manusia yang sedang mabuk dan gaya gravitasi bumi walaupun telah lemah tapi tetap yang terbesar dari semua planet akan menarik semua planet pada garis lurus yang sama dan mendorong planet yang paling terkecil yang paling dekat ke matahari dan gaya gravitasi terlemah utk mulai bertabrakan menubruk matahari karena hal itulah besaran planet jg seimbang semakin dekat ke matahari planet makin kecil dan semakin menjauhi matahari planet semakin besar. Karena beda gaya gravitasi dan keringanan planet agar supaya perputarannya semakin dekat ke matahari semakin cepat dan menjauhi matahari planet semakin besar sesuai dgn perputaran yang semakin lambat. Tapi tetap gaya gravitasi terbesar berada pada planet kita jgn tanya kenapa krn aq jg tidak tahu mgkn karena pada planet bumilah ada mahkluk ALLAH YANG BERNAMA MANUSIA JADI KITA ADALAH PLANET TERHORMAT DAN MAKHLUK TERHORMAT JADI JGANLAH MEMBUAT MALU DIA DGN MEMBUAT SEMUA MAINAN YANG DIA BUAT INI HANCUR BERANTAKAN DENGAN SKALA WAKTU CEPAT.INSYA ALLAH

    • Asslkmww,maaf ya kita liat di Al qur’an surat Al Hadid ayat 1..sampe 4 dan 5.dia yg mengatur nya,cuma pengalaman saya ,memang terasa ada sesuatu yg lain misal:tgl 4 june ,ngga ada angin ..sunyi …dingin…mari kita bertukar pengalaman tgl 6june 2012 besok sudah tentu atas ijin Allah .

  7. […] silakan baca di Gerhana Venus ini. -7.566667 110.816667 Like this:SukaBe the first to like this […]

  8. Mudah2an tidak terjadi apa2 dg bumi kita …ada atmosfir yg bergeser..mari kita berdoa sama2 ini bertepatan dg ultah Bung Karno

  9. Asslmkww,ya anda benar,ini cara melihat transit venus didepan mata hari:keker/tele. Yg biasa dipake ABRI . Jam 7 dan jam 11 siang,gunakan kaca mata hitam ..jelas se-kali gambarnya sayang ngga sempat difoto karna mendung lagi ..dan lenyap jam .1.30.kemudian hujan yg ke 2 kali …kita tung gu tgl 28.nov .G.BULAN

  10. Asslmkww,yg terang skrang musim penyakit datang.,entah perubah an atmosfir bumi dr gas yg ditinggalkan pl venus ..mari kita sambut bulan yg kita tunggu 2MARHABAN YA RAMADHAN

  11. Assalamualaikum wwb,
    Mohon maaf pak Kyai AR atau para Ahli fisika/Astrofisika mohon saya menemukan Ayat2 dalam AlQuran sbb:

    “Mereka mendustakanya lalu ditimpa siksaan YAUMI DZULLATU. Sungguh hal itu siksaan Hari yang besar/agung” (QS.26/189)
    “Ketika KAMI angkat/apungkan gunung diatas mereka seakan-akan DZULLATU dan mereka sangka/yakin bahwa dia akan menimpa mereka. Peganglah dengan teguh apa yang KAMI berikan padamu dan ingatlah apa yang ada padanya semoga kamu menginsafi/menyadari (taqwa)” (QS.7/171)
    “sungguh yang demikian itu ada Ayat dan kebanyakan mereka tidak beriman (yaqin) (QS.26/190)
    “Sesungguhnya KAMI telah menciptakan diatasmu tujuh yang berjalan (tharaaiq) dan tidaklah KAMI lengah tentang ciptaan itu” (QS.23/17)
    “Milik-NYA apa yang ada di Samawat (planet2 ?) dan yang di Bumi serta yang ada diantaranya (asteroid ?) dan yang dibawah TSTSARAA (jalan/orbit Bumi yaitu Venus dan Mercury ?) (QS.20/6)
    “Setelah perintah KAMI datang KAMI jadikan jungkir balik (negeri kaum Luth) dan KAMI hujani ke atasnya batu-batu dari SIJJILIN MUNDHIIDIN (pembesaran radiasi Surya yang dipancarkan) “(QS.11/83)
    “TARMIIHIM BIHIJAARATI MIN SIJIILIN / Yang melempari mereka dengan batu-batu dari sijjil (pembesaran radiasi Surya) (QS.105/4)

    Mohon para Ahli dapat mengembangkan Ayat dari ALLAH tersebut untuk pemikiran dan penyelidikan:
    1. Apakah istilah YAUMI DZULLAT dalam AlQuran tersebut berarti Transit planet ? seperti yang diberitakan adanya Transit Venus beberapa waktu yang lalu.
    2. Atau pernahkah ada berita yang mewartakan atau merekam kemungkinan pernah terjadi Transit Planet yang di atas Bumi ? Misalnya Yupiter ? atau double transit planet yang diatas Bumi ?
    3. Saya pernah membaca ada peristiwa Ledakan Besar di daerah Tungushka – Siberia, Uni Soviet dulu ? Apakah hal itu juga ada kaitannya dengan peristiwa astronomi ?
    4. Mungkinkah dalam peritiwa Miraj Nabi Muhammad SAW jika dilihat secara astronomi posisi gerak edar mungkin hampir sejajar ? sehingga waktu tempuh Miraj tersebut menjadi pendek hanya satu malam ?

    QS.6/67 “Bagi setiap kabar (nabaa) ada fakta yang ditentukan (mustaqorrun) dan akan kamu ketahui nantinya/kelak

    QS.38/87 “Bahwa dia (AlQuran) melainkan pemikiran/peringatan bagi seluruh manusia”
    QS.38/88 “Dan akan kamu ketahui perkabarannya (pembuktiannya) sesudah waktunya”

    Tidakkah yang memikirkan itu semua para Ulul Albab (yang berhati mantap/penyelidik)

    mohon maaf terlambat ngasih komentar

    Waalaikummusalam wwb
    Mulyana

  12. terima kasih atas infonya,ini bisa mrmbuka wawasan bagi org2 yg mau berfikir.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 107 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: