Kalender 2010 M (1431-1432 H)

Kalender 2010

Kalender 2010

> > >   Kalender 2011, klik di sini…!

=

Tahun 2010 sebentar lagi. Kalender 2010 sudah mulai beredar, dan saya juga sudah susun kalender untuk PPMI Assalaam tahun 2010 ini. Kalender 2010 PPMI Assalaam sudah beredar di seluruh santri dan sudah dibawa pulang saat mudik kemarin, karena di halaman awal ada ucapan Selamat idul Fitri 1430 H dari Assalaam kepada para wali santri. Bagi yang berminat, sekedar untuk memori atau mau dicetak kecil-kecilan di kertas, silahkan ambil, all free:

Maaf saya tidak menyertakan versi PDF atau versi lainnya, karena keterbatasan waktu. Kalau sudah ada kesempatan, insya Alloh akan saya siapkan….(tidak janji lhooo…)

Hisab dalam Kelender 2010 ini saya ambil untuk koordinat PPMI Assalaam Kartasura Sukoharjo Jawa Tengah. Data teknis falak dihisab oleh Pak Moeid yang saya lengkapi dengan event dan visual orientasi Hilal di setiap akhir dan awal bulannya untuk konfirmasi data hisab di lapangan. Visual saya ambil dari planetarium  SNP 6 dari Imaginova.

Untuk Download kalender, silahkan klick foto-foto di bawah ini:

About these ads

23 Tanggapan

  1. terimakasih kalendernya pak AR…maafkan saya juga jika ada khilaf dan banyak salah

    sama2 mas Nur…salam

    • Salam..

      Tanpa mengurangi rasa hormat dan terimakasih atas postingan kalendernya, saya ingin memberitaukan temuan saya atas kekeliruan yg ada di bulan Februari tgl 27 tertulis Maulid Nabi Muhammad SAW. Saya sudah membandingkannya dg 2 kalender dari sumber berbeda itu jatuhnya hari Jumat tgl 26 Februari. Pundi ingkang leres??

      benar pak Abdulloh. 12 RA 1431 H = 27 Feb 2010 M, karena menurut kriteria Imkan Rukyah 2 derajat, maka tgl 1 RA 1431 H akan jatuh pada 16 Feb 2010 M. Di kalender lain mungkin kriterianya juga lain, maka sangat mungkin bisa beda. Beda silahkan, asal jelas kriterianya, demikian penjelasan saya….salam

  2. kalender sekarang morotin santri berapa tadz? (hehe… JK)
    dijual buad umum?

  3. syukron ustadz…jazaakallahu khoer..
    taqabbalallahu minna wa minkum..
    Maaf lahir batin jg ustadz ya..

  4. nuwun Ustdz AR

  5. oh iya ustadz, afwan ane lupa minta maaf, mohon maaf lahir batin ustadz….

  6. Ass.wr.wb.

    Pagi tadi bos minta kalender 2010, karena kalender yg kami buat belom jadi padahal mintanya cepet.
    Tadinya mo beli di toko, tapi iseng nyari di internet barangkali ada…eh ketemu kalender dari Assalam. Alhamdululah.

    Matur nuwun Ustadz.

  7. makasih pak guru atas infonya, buat versi pdf untuk kalendar 2010, ditunggu loh… :)

  8. Hatur Nuhun kalendernya, Pa AR kalau ada saya sangat perlu jadwal sholat untuk Singaparna Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat, boleh juga langsung ke e-mail kalau bapa tidak repot. sekali lagi hatur nuhun

  9. alhamdulilah..terima kasih pak ustadz.:D

    ini halal kan ? buat umum ? hehehe…

    assalamu alaikum…

  10. Assalamu alaikum wr wb

    Terima kasih pak ustad. Saya tadi donlod tanggalannya. buat di rumah saya. boleh kan?

    sekali lagi terima kasih.

    wasalam

    feriwlm@gmail.com

  11. trims, atas kalenderx

  12. Saya download ya Pak Ustazd. Trm ksh byk.

  13. Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Salam silaturrahmi/Al-Ukhuwah Islamiyyah,

    Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih banyak atas Kalendernya Pak Ar. Insya’Allah Pak Ar beserta keluarga slalu dalam keadaan sehat, dimurahkan Rezeki-Nya, serta slalu dalam lindungan Allah SWT. Amin.

    Fastabiqul Khairot, Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    syukron…salam

  14. [...] lain anda dapat mendownload kalender 2010 yang ditebitkan oleh Pondok Pesantren Modern Islam (PPMI) As Salam Surakarta Jawa Tengah di sini.    Leave a Reply posted in: Web Net using tags: hijriah, kalender, libur, [...]

  15. terimakasih pak..

  16. assalamualaikum
    sebelumnya saya membuat kalender 2010 berdasarkan kalender assalm n falakiyah nu gresik(sama)
    pa guru saya mau tanya?
    tentang perbedaan penanggalan hijriah maulid nabi, di kebanyakan kalender lain maulid nabi jatuh pada tanggal 26 feb, yang jadi permasalahan hari itu dijadikan hari libur nasional dan pada kalender yang saya buat saya kasih keterangan tentang puasa pertengahan bulan…apakah kesalahn itu benar atau memang ada penjelasan lain, karna apabila itu kesalahan maka semua kalender hijriah yang saya buat penanggalannya salah. sukron katsir wassalam

    wa’alaikassalaam…..Terima kasih atas silaturrahimnya.

    1. Kalender Asalaam memang saya buat serupa dari model perhitungan Pak Moeid (Gresik), tetapi kriteria saya menggunakan sudut di atas 2 derajat (imkanurrukyah).

    2. Pada kasus Maulid Nabi SAW, semua kalender yg ada mengambil dari Pemerintah, jadi jatuhnya 12 Rabiul Awwal 1431 = 26 Feb 2010. Hal ini menjadi acuan pemerintah di semua departemen. Tetapi kalau saya boleh mengatakan, pemerintah TIDAK KONSISTEN. Sebab Pemerintah sendiri yang mengusulkan menggunakan kriteria Imkanuurrukyah 2 derajat, tetapi kasus pergantian Shafar 1431 menuju Rabiul Awwal 1431 tidak menggunakan kriteria itu. Pada tgl 29 Shafar 1431, ketinggian bulan/hilal masih di bawah 2 derajat, bahkan untuk koordinat Solo, masih di bawah 1 derajat.
    Mestinya kalau pemerintah mau konsisten, jatuhnya 1 Rabiul Awal 1431 = 16 Feb 2010, jadi 12 RA 1431 = 27 Feb 2010.

    Kalender PPMI Assalaam, 12 RA 1431 H jatuh pada 27 Feb 2010, dan pada tanggal merah bagi Assalaam adalah tidak libur. Libur resmi Assalaam adalah warna HIJAU. Jadi semua hari Jum’at dan tanggal2 tertentu yg berwarna HIJAU, PPMI Assalaam libur.

    3. Puasa nisf syahr adalah setiap 13, 14, 15 setiap bulan hijriyah; kembali pada kriteria. Bagi PPMI Assalaam, maka tanggal tetap mengacu pada kalender. Danuntuk semua bulan berikutnya, ada yg sama dan ada pula yang beda.

    4. Intinya, kita konsisten dengan kriteria. Ini yang juga disampaikan oleh Pak Moeid (LFNU Gresik) dan juga2 para praktisi ilmu falak lainnya.

    5. Kalau sempat, silahkan lihat surat pembaca bagian awal pada majalah Qiblati edisi 5/V (Feb 2010). Sepertinya kasus antum sama dengan Qiblati.

    …salam

    • assalamualaikum
      – saya membuat kriteria puasa pertengahan bulan pada tanggal 13,14,15 pada tiap bulannya bedasarkan penanggalan hijriah, yang jadi pertanyaan apakah itu menyalahi kajian ilmu falak atau memang balik pada kriteria( atau bisa di benarkan secara kriteria)?
      terima kasih atas uraiannya cukup banyak menambah wawasan dan khasanah saya pribadi…hal ini menjadikan saya tertarik akan kerumitan dan kekompleksan ilmu falak, mudah2an kita tetap bisa silaturahmi dan berbagi untuk hal yang baik..sekali lagi sukron katsir wassalam

      ada akidah fiqh: “al-yaqiinu laa yuzaalu bi asy-syakki” (=keyakinan itu tidak bisa dihilangkan dengan keraguan), maka puasa tengah bulan adalah puasa menurut kalender hijriyah alias peredaran bulan, saya pikir ini keyakinan. Maka kriteria pembuatan kelender yang akan membuat posisi tgl 13,14,15 kadang berbeda, cukuplah sabagi alternatif untuk kita pilih sesuai keyakinan kita….salam

  17. Trims banyak kalendernya….

  18. ada gak ya,,kalender jawa …tapi yang 2011

  19. Assalaamu ‘alaikum Pak….
    Ditunggu kalender yang 2011-nya…
    Kalo Pak Ar berkenan, jika sudah ada boleh saya dikasih tahu via email.
    Makasih ya Pak.
    Wassalaamu ‘alaikum…

  20. Assalaamu ‘alaikum Pak….
    Ditunggu kalender yang 2011-nya…
    Kalo Pak Ar berkenan, jika sudah ada boleh saya dikasih tahu via email.
    Makasih ya Pak.
    Wassalaamu ‘alaikum…

    http://www.facebook.com/ardiirgi

  21. thanks info, izin share :-)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 106 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: