Ceramah Ramadhan: Keistimewaan Orang Berpuasa

Bulan Ramadhan adalah bulan bertuah, bulan ibadah, bulan mujahadah, bulan rohmah, bulan maghfiroh, bulan al-Qur’an dan bulan Lailatul Qodr. Mari kita manfaat bulan suci yang hanya terjadi setahun sekali ini dengan banyak beribadah, memberi nasehat dan saling mema’afkan.

Keistimewaan Orang yang Berpuasa…

Assalamu’alaikum Wr Wb.

Rasulullah Saw. bersabda:

“Sesungguhnya di dalam surga terdapat satu pintu yang dinamakan pintu ‘al-Rayan’ yang hanya dimasuki oleh orang-orang yang berpuasa. Ditanyakan (oleh pintu tersebut): ‘Di manakah orang-orang yang berpuasa?’ Maka mereka pun masuk dari pintu tersebut. Setelah semua orang yang berpuasa memasukinya, pintu itu pun ditutup dan tak akan ada lagi yang masuk melaluinya.”

(HR. Muslim, dari Sahl Ibn Sa’d).

Dalam hadis tersebut Nabi Saw menerangkan keutamaan puasa dan kedudukan orang-orang yang berpuasa di sisi Allah. Atas keikhlasan dan kesabaran mereka dalam menjalankan ibadah puasa-dengan menahan lapar dan dahaga, mengendalikan hawa nafsu dengan sekuat tenaga, maka Allah mengistimewakan mereka dengan memasukkan mereka ke dalam surga melalui pintu khusus yang bernama “Al-Rayyan”. Kata ini berasal dari bentuk infinitif al-ray yang berarti pengairan, segar, dan juga pemandangan yang indah. Nama ini sesuai dengan keadaan orang-orang puasa yang menahan dirinya dari makan dan minum. Dan dahaga inilah yang lebih dominan dirasakan oleh orang yang sedang berpuasa dibanding rasa lapar.

Zain Ibnu al-Munir mengatakan:

“Rasulullah mengatakan pintu al-Rayyan ada ‘di dalam surga’ bukan mengatakan ‘bagi surga/pintu surga’, agar orang-orang merasa bahwa dalam pintu tersebut terdapat kenikmatan dan kenyamanan surgawi (kenikmatan di dalam kenikmatan). Maka hal ini akan menambah keinginan dan kerinduan kepadanya.”

Hadis di atas diriwayatkan juga oleh al-Nasa’i dan Ibnu Khuzaimah, dari Sa’id Ibn ‘Abdurrahman, dan yang lainnya. Dan dalam riwayat ini terdapat tambahan: “Barangsiapa yang memasukinya (memasuki pintu al-Rayyan), maka akan meminum darinya. Dan barangsiapa meminum darinya, maka tak akan dahaga selamanya”.

Hal itu merupakan penghormatan dari Allah, Sang Pemelihara Alam kepada orang-orang yang berpuasa. Juga merupakan balasan bagi mereka atas keikhlasan menjalankan ibadah. Telah dimaklumi bahwa Allah akan menanggung pahala orang-orang yang berpuasa, sebagaimana dalam sebuah hadis:

“Puasa untuk-Ku, dan Akulah yang akan membalasnya.”

Pahala dan balasan Allah bagi orang-orang yang berpuasa adalah penuh, besar, dan tiada terhitung. Ada pun masuknya orang-orang yang berpuasa melalui pintu al-Rayyan ini merupakan tambahan pahala dan penghormatan semata.

Benar, surga mempunyai banyak pintu, di antaranya pintu bagi orang-orang yang taat menjalankan salat, pintu bagi orang-orang yang giat berjihad, pintu bagi orang-orang yang ikhlas berpuasa-yaitu al-Rayyan sebagaimana telah kita bicarakan, dan di antaranya ada pintu khusus bagi orang-orang yang suka bersedekah.

Dari Abi Hurairah ra., Rasulullah saw. bersabda:

“Barang siapa memberi nafkah isterinya di jalan Allah, maka akan dipanggil dari pintu surga, ‘Wahai Hamba Allah! Ini adalah pintu kebaikan.’ Barangsiapa termasuk ahli salat, maka akan dipanggil dari pintu al-Shalah. Barangsiapa termasuk ahli jihad, maka akan dipanggil dari pintu al-Jihad. Barangsiapa termasuk ahli puasa, maka akan dipanggil dari pintu al-Rayyan. Dan barangsiapa termasuk ahli sedekah, maka akan dipanggil dari pintu al-Shadaqah. Abu Bakar lantas berkata, ‘Demi engkau dan ibuku (ummul mukminin), ya, Rasulullah! Apakah seseorang harus dipanggil dari pintu-pintu itu, dan adakah seseorang yang dipanggil dari pintu-pintu itu seluruhnya?’ Rasulullah menjawab, ‘Iya. Dan aku berharap semoga engkau termasuk dari mereka.”

(HR. al-Bukhari).

Wassalamu’alaikum Wr Wb.

Sumber dari al-Shiyâm fî ‘l-Islam.

~

Ceramah Ramadhan terbaru: Parsel dari Allah

About these ads

86 Tanggapan

  1. Numpang copy ustadz…
    Lumayan buat persiapan kultum

  2. sama pak, ikut kopipaste,
    biar terisi kultumnya

    makasih

  3. tentu puasa yang dimaksud puasa seperti yg dicontohkan nabi muhammad, kan? soalnya saya dan beberapa teman pernah membaca buku yang mengupas masalah ini, salah satu teman berkomentar: kalau gitu besok2 gue puasa sebulan penuh aja biar masuk sorga. kita semua bilang: amiiinnn. tapi si teman malah bilang gini: tapi puasanya cuma puasa rokok (maksudnya ga merokok sebulanan!)

  4. sebelumnya aku mu ngucapin terimakasih banyak atiuk semuanya, walaupun aku gak ada kesempatan buat mengisi kultum karna aku kerja di kantor tapi saya juga selalu berusaha untuk menyampaikan apa yang aku tahu kepada rekan kerja yang belum tau tentunya dengan bantuan ini juga. terima kasih met suksess selalu….

  5. hmm

  6. bagus banget,, saya ijin copy ya
    buat acara buka barsama di sekolah saya…

    makasih :)

  7. pak ustadz .,saya ada pr mncari ceramah Ramadhan …
    saya mnta izin copy ceramahny ya ..?
    makasih …

  8. thanks ya

  9. pak ustads, saya mau copy ceramahnya , saya minta izin dulu ya! , makasih

  10. pa ustad lihat sembentar untuk nyatet

  11. usttadz saya jga mnta copas ya..
    solnya ad tuga yg kepepet nih..

  12. ustad saya juga mau ikutan copas saya mau latihan pildacil

  13. copy paste juga ya, Ustadz,..

  14. pakk..ustad yg baik hati.?

    saya di tugasin…menjadi panitia salatt..??
    saya minta izin copas.. ceramah’a ya??

  15. siapa nma ustad _a?

  16. ikut copy juga ya ustad, buat menambah materi ceramah ramadhan, maklum baru tahap belajar

    kami sekeluarga-JK agency, di Aceh

  17. uSTad,
    aKu jGa mU nGopY cErAmAhNyan,,-

    mH0n iZin y usTad

  18. mkasi pak cerama nya q udh selesai tuga s dari bpk guru…???

  19. pa ustd,bagus skali ceramah nya pasti pak ustd ilm islam nya ^

  20. tidak ada tanda tangan ya ?

  21. pak ustad terimakasih buat ceramahnya yaa
    saya minta izin copas

  22. sudah sudah

  23. Thankx…
    Telah Membantu Saya.. :)

  24. saya copy ya

  25. ikutan copy y ustazd……. lumayan buat ceramah singkat….

  26. Asslmkmww,setelah saya membaca 3catagory dan sabda rosulluh tentang.:babul Rayyan b.jihad. B.sedaqoh.b.rahmah…mudah2an kita dpt satu diantaranya

  27. BarokaAllahu laka wa ahluka. Trims, Mohon ijin copas, tuk ngisi kultum juga.

  28. ikut izin copy ya pak..

  29. hufhh.. makasih ya yang udah buat ini.. :D tugasku jadi tertolong….

  30. terima kasih banget buat kk yang bikin bloger ini..

  31. Thanks pak ustad atas ceramahnya!!!!

    Saya mau copy paste dulu ya!!!

  32. saya gunakan utk ceramah ya pa ustaz

  33. pak ustad, mohon izin ya….,
    ceramah-a sy mw catat, mw sy amalkan keyang lain jg.
    ma kasih.

  34. izin copas ya :)

  35. thank kebetulan saya lg perlu untik dacil

  36. pak blh copy y bwt tugas cwk aku makasih

  37. aku izin nyatat ya pak makasih tugas ku jadi dai tertolong alhamdulillah

    • aku di suruh jadi da’i padahal aku g pernah di tugasin ceramah /membuat ceramah tapi aku lihat di sini semoga aku menang amiiiiiiiin

  38. aduh cpk nulis tapi g papa makasih pak ustad

  39. Tengyuu, atas bntuanya

  40. siapa nama ustadnya ?

    AR… :)

  41. Numpang Copy ya ustad..

  42. izin copas ya pak mau isi kultum

  43. izin kopas yah :D buat tugas hehehe

  44. izin kopas ya neek buat isi buku ramadhan

  45. ijin kopas ya buat ngisi buku ramadhan xixi

  46. numpang copy untuk pr

  47. terimakasi banyak atas tulisan n postingannya, semoga bermanfaat untuk kita yang membacanya.
    salam kenal

  48. Klw seseorang itu trmsuak orang yg kafir, dan berniat untk menyampaikan sebuah ceramah gimana mnrt ustadz t

    gpp

  49. mantap artikel,izin saya mau buat bahan ceramah ramadhan yang tak lama lagi,

  50. Asalamu’alikum
    setelah sy bc cerita d atas
    sy sngt terkesima dan lbh faham makna puasa yg sebenarny
    mudah2an semua amal ibdh kta diterima Allah swt amin. . . .

  51. izn bca N syiar y,syukron.

  52. Assalamualaikum …

    mohon izin copas , untuk materi kultum …
    jazakallah .. :-)

  53. nama ustad nya siapa ?

  54. Sungguh lwar biaza

  55. sangat bermanfaat..minta izin copas buat tugas…

  56. copas! buat buku ceramah harian *GubraK*

  57. semoga apa yg qt kerjakan bermanfaat untuk orang lain..,
    & mendapat pahala dari Allah SwT,, Amin..,
    semoga amal ibadah kita di terima-Nya, Amin..,

  58. izin copas yya untuk lomba pidato di pondok .. :)

  59. pidato’a menyentuhhh hati bangett .. :)

  60. pak,saya minta izin copy paste yah,,,
    makasih pak,, :)

  61. KENA GO TUGAS………….

  62. pak ustad ikut copy juga ya :D makasi

  63. makasih pa ustadz ceramah nya mau di pelajari sebagai bahan pelajaran PAI

  64. ikut andil copy paste ustad,mudah2n bermanfaat,,,,

  65. saya sngat suka ceramah ini!!!!!!!

  66. z jg tnks krna dgn crmh ini aq bisa jdikan materiku besok tuk cerah dimesjid

  67. Assalamu’alaikum wr.wb
    Rassulullah saw.bersbda: Sesungguhnya di dalam suraga terdapat satu.pintu yang dinamakan pintu ‘al-rayan.yang hanya dimasuki oleh orang-orang yang berpuasa.ditanyakan(oleh pintu tersebut) di manakan orang-orang yang
    Berpuasa? Maka mereka pun masuk dari tersebut ,setelah semua orang yang berpuasa memasukinya pintu itu pun ditutup dan tak akan ada lagi yang masuk melalulya. Wassalamualikum wr.wb

  68. Saya,mau nanyak ustad bolehkah kita pacaran pada bulan puasa

  69. enaknaya dari pada dengar ceramah di masjid susah

  70. Pak Ustadz, saya izin gunakan bahan utk kultum ya, terima kasih

  71. wahhh !! bgus eaa bsa bwat copas tgas :D

  72. Makasih ya izin copas buat kegiatan ramadhan :)

  73. Buat Tugas Ahh ^_^

  74. izin copy ya ustad

  75. ass, wr wb ,pak ustad pacar saya butuh tugas ini , saya minta izin copy paste ya pak , makasih :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 106 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: