Hilal 1 Ramadhan 1429 H

Ramadhan Mubarok

Ramadhan Mubarok

Hilal 1 Ramadhan 1429 H adalah penanda bagi dimulainya bulan Suci Ramadhan 1429 H. Hilal atau bulan sabit termuda yang terjadi setelah ijtimak/konjungsi bisa dilihat di ufuk barat saat Sunset. Untuk Hilal 1 Ramadhan 1429 H, laporan dari seluruh dunia bervariasi; ada yang BERHASIL melihat tetapi banyak yang GAGAL melihat. tetapi Pemerintah RI melalui menteri Agama telah memutuskan, 1 Ramadhan 1429 H = Senin, 1 September 2008. Al Hamdulillah kita Ummat Islam Indonesia bisa serempak-mayoritas.

Saya dan Tim dari PPMI Assalaam, menggunakan 4 mobil; sebuah mobil Isuzu-prona, dan tiga minibus, berangkat menuju lokasi Observasi Hilal 1 Ramadhan 1429 H di pantai Parangkusumo Yogyakarta.

Start tepat jam 2 siang dari Solo, dan alhamdulillah semua berjalan lancar. Jam 4 sore tiba di Bantul tepatnya, desa Kretek. Jalanan mulai padat dan kemacetan mulai nampak. Sekitar 15 km menjelang pantai kemacetan semakin menjadi.

Akhirnya mulai longgar setelah melewati pintu gerbang retribusi. Meski sudah 4 jam macet, eh…mabayar juga di pintu gerbang. Rp 1.500,- per orang dan Rp. 5000,- per mobil. Jam 9 malampas, kita menjelang pantaiu, tetapi sepi…dan mau apa…?

Maka diputuskan pulang dengan tanpa melihat apa2 di pantai, jangankan melihat pantai; sampai saja belum. Rombongan Rukyah 99% GAGAL sampai ke pantai Parangkusumo, lokasi POB (Pusat Observasi bulan) di wilyah Jogjarakta.

Aneh….perjalanan Solo-Parangkusumo/ParangTritis memakan waktu 7 jam….!

Padahal ketika pulang, malam itu tanpa mampir ke mana pun… Waktu tempauh Solo-Parangtritis cukup 2 jam…

Hilal…, kelihatankah di wilayah Indonesia…?

Menurut berita di RRI yang sempat saya dengar saat menunggukemacetan, di Lampung anggota BHR Depag Lampung mengaku bisa melihat. Maka Menteri agama memutuskan Senin 1 Sept 2008 adalah 1 Ramadhan 1429 H.

Secara pribadi, saya masih ragu… karena perlu data mestinya untuk percaya. Yach,…saat itu pecaya kepada Orang yang kita percaya memimpin kita saja.

Akhirnya, saya mendapatkan kepastian, bahwa anggota RTHI di Gresik, di bawah komando Pak Abdul Mu’id, berHASIL melihat Hilal 1 Ramadhan 1429 H di Gresik, berikut laporannya:

Laporan Rukyat Romadlon 1429 H. di Condrodipo
Ahad legi, 31 Agustus 2008
Markas         : Condrodipo Kebomas Gresik
Bujur          : 112° 37′ 2,5” BT
Lintang        :  7° 10′ 11,1” LS
Ketinggian     : 120 meter
 
Assalamu Alaikum Wa al-Rohmah Wa al-Barokah

Sekitar jam 13:10 menit kami berangkat menuju balai rukyat Condrodipo dan sampai di tempat kurang lebih jam 14:00 agak terlambat karena mampir di Gresik Kota Baru. Setelah theodolite terpasang kami berusaha mengkalibrasi azimut dengan bantuan matahari, akan tetapi karena matahari terlalu tinggi sehingga bayangan matahari terhalang oleh atap balai rukyat sehingga kami baru bisa mengkalibrasi theodolite dengan matahari sekitar pukul 14:50 (maaf tidak sempat mencatat jam secara detail saat itu). Setelah selesai melakukan kalibrasi, kami sholat Ashar berjama’ah di balai rukyat dengan imam Ust. H. Masluh Al-Fanani (ketua LFNU Gresik).

Setelah selesai sholat, kami meneruskan persiapan dengan mamasang dua proyektor, yang satu di lantai atas dan yg lainnya di lantai bawah. Kedua proyektor kami hubungkan dengan laptop, sedangkan laptop kami hubungkan dengan kamera digital NIKON COOLPIX-2100 yang terpasang di lup theodolite NIKON NE-202. Pada pukul 16:34:14 WIB kami mencoba mengambil citra matahari dengan kamera digital seperti terlampir dalam attachment.

Pada jam 17:25 WIB kami mulai fokus ke ufuk barat, arah theodolit kami set ke posisi az 274° 04′ 00″ zenit 85° 13′ 05″ (posisi bulan saat matahari terbenam) dan kami menunggu matahari terbenam. Pukul 17:28 WIB kami mematikan kedua hp yg kami bawa agar bisa fokus ke ufuk barat. Pukul 17:30 intensitas pengamatan ditingkatkan karena saat itu menurut hisab matahari sudah mulai ghurub, walaupun tidak terlihat. Seiring dengan berjalannya waktu, kami terus memperbarui azimut dan altitude theodolite, walauun obyek hilal tidak tampak. Sekitar pukul 17:30 lebih sedikit Ust Inwanuddin dari LFNU Gresik menyatakan melihat hilal, disusul kemudian Ust. Sholahuddin dan Muhyiddin Hasan. Suasana mulai gaduh karena dari theodolite kami belum bisa menangkap obyek hilal yang ditunjuk ketiga saksi tersebut. Pukul 17:34 lebih sedikit suasana bertambah gaduh karena dari theodolite terlihat hilal yang sangat tipis. Saat tertangkap theodolite, hilal menghadap ke utara dalam arti kedua ujung hilal berada di selatan. Hanya beberapa orang bisa menyaksikan hilal ini melalui proyektor yang kami pasang karena hilal terlihat di proyektor hanya beberapa detik (-+ 10 detik). Kami berusaha mengabadikan momen ini dengan kamera digital pada pukul 17:34:10 WIB pada azimut 273° 55` 45″ alt 3° 53` 45″ akan tetapi kamera kami tidak mampu menangkap hilal yang terlihat di theodolite sebagaimana saya lampirkan di attachment.

Dari beberapa saksi, hanya tiga orang yang melihat hilal dengan mata telanjang sebagaimana yang saya sebutkan diatas, sedangkan yang lainnya, termasuk saya tidak bisa melihat hilal sama sekali dengan mata telanjang. Saya hanya bisa melihat hilal melalui theodolite, itupun hanya +-10 detik.

Wassalamu Alaikum Wa al-Rohmah Wa al-Barokah

IBNU ZAHID ABDO EL-MOEID
Koordinator RHI Gresik,
Staf Lajnah Falakiyah Nahdlotul Ulama Gresik,
Pelaku Rukyat PBNU
No. STPR. 1428.06.006. 041

Hilal di Gresik sebagai berikut: (kelihatan nggak…? perlu banyak berlatih tuk melihatnya)

 

Hilal 1 Rmd 1429, by Theodolit

Hilal 1 Rmd 1429, by Theodolit

Laporan Rukyah Hilal 1 Ramadhan 1429 H, di luar Indonesia yang berhasil:

1. Afrika Selatan: Terlihat: ICOP member Mr. Ashraf Dockrat menyatakan bahwa dia hbisa melihat Hilal1 Ramadhan 1429 H, dengan mata telanjang di Pretoria.

2. Jerman : Terlihat dengan CCD: ICOP member Mr. Martin Elsaesser merekamnya sebagai berikut:

Hilal 1 rmd 1429 di Jerman

Hilal 1 rmd 1429 di Jerman

Permulaan Ramadhan 1429 H di berbagai Negara:

Sunday 31 August 2008:

  1. Libya (Conjunction before Dawn)
  2. Nigeria (Claim of Sighting)
  3. Monday 01 September 2008:
  4. Saudi (30 Days of Shaban)
  5. UAE (30 Days of Shaban)
  6. Qatar (30 Days of Shaban)
  7. Bahrian (30 Days of Shaban)
  8. Kuwait (30 Days of Shaban)
  9. Iraq (30 Days of Shaban)
  10. Yemen (30 Days of Shaban)
  11. Palestine (30 Days of Shaban)
  12. Lebanon (30 Days of Shaban)
  13. Syria (30 Days of Shaban)
  14. Egypt (30 Days of Shaban)
  15. Sudan (30 Days of Shaban)
  16. USA (ISNA, Conjunction Before Sunset in Mecca)
  17. Indonesia
  18. Malaysia
  19. Jordan
  20. Tunis
  21. Algeria

Tuesday 02 September 2008:

  1. Oman

 

 

hh

About these ads

3 Tanggapan

  1. yg mana sih hilal di gresik…?
    pak, mohon dilingkari dengan warna merah dunk…

  2. kayaknya, bahasa yg digunakan harus dirubah menjadi bahasa populer, pak… bukan teknis… saya jd bingung juga… maklum, belum pernah belajar ilmu falak..

    bagaimana pun juga,
    terima kasih sharingnya…
    semoga bisa menjadi ilmu yg bermanfaat & Multi Level Pahala (MLP), amin…
    selamat Berpuasa… semoga segala ibadah kita diterima oleh Allah SWT, amin…

    “mari kita niati sekolah, kuliah, kerja atau apa pun aktivitas kita sebagai ibadah… perbedaan ibadah & bukan, terletak pada niat…”

    sebagai pelengkap, saya membuat tulisan untuk menjawab mengapa kita masih didera malas beribadah, baik mahdhah maupun ghayru mahdhah, terutama di luar Ramadhan…

    tulisan tentang “Mengapa Pahala Tidak Berbentuk Harta Saja, Ya?”

    silakan berkunjung ke:

    http://achmadfaisol.blogspot.com/2008/08/mengapa-pahala-tidak-berbentuk-harta.html

    semoga Allah menyatukan dan melembutkan hati semua umat Islam, amin…

    salam,
    achmad faisol

    http://achmadfaisol.blogspot.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 106 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: