Masjidil Haram tahun 2020

Masjidil Haram

Masjidil Haram

Arab News edisi 30 April 2007 memaparkan sebuah tulisan berjudul “Further Expansion of Grand Mosque Planned”. Sebuah Master Plan telah dibuat untuk merubah kawasan di sebelah Masjidil Haram menjadi lebih luas sekitar 35%. Perluasan ini bertujuan untuk menampung pertambahan jumlah haji dan para jam’ah khususnya sepanjang puncak musim ibadah haji dan umrah.

Proyek ini diperkirakan menelan dana sebesar 100 Milyard Real (sekitar 3 Trilyun, kalau gak salah). Sebagi gambar perbadingan, berikut saya comotkan Masjidil Haram dan sekitarnya saat ini versi Google Earth:

Area Masjidil Haram saat ini

Area Masjidil Haram saat ini (klik untuk pembesaran)

Sedang gambar di bawah ini adalah Rencana Perluasan itu:

Masjidil Haram tahun 2020

Masjidil Haram tahun 2020

Kebetulan, saya belum pernah ke yanah suci baik untuk umroh, haji. Kalau sekedar jalan2 sih sering, kan ada Google Earth, he he.

Kalau Allah memberikan kesempatan saya bisa naik haji tahun 2020 ke atas, maka betapa saat itu suasananya sangat indah nan manakjubkan tetapi tetap khusyuu tentunya. Amien,…19x. Wallahu a’lamu…

reff: Arab News

Download PowerPoint : Mekkah Beyond 2020

About these ads

34 Tanggapan

  1. saya do’akan pak ustadz dapat segera dilapangkan tuk berlabuh ketanah suci, menunaikan kewajiban suci, menggapai ridho ilahi. Amin

    amiien ya mujibass saa’iliin…

  2. sebuah desain yang luar biasa dan visioner. semoga saja masjidil haram makin menjadi “magnet” utk menyedot para umat muslim sedunia berbondong2 memenuhi panggilan suci-Nya.

  3. Trim’s atas silaturahminya, saya dg pak muthoha sekarang sdg di batam. insya Allah s.d. hari ahad, lagi silaturahmi ke lajnah falakiyah pw nu kepri di batam utk belajar bersama ttg hisab rukyat. senin sdh ada di yogyakarta kembali.
    salam buat keluarga, smg Allah selalu melindungi kita semua. amin

  4. salam,

    kasinggiyan Pak Sofyan, layak saya ndak lihat aktifitas Pak Toha di milis belakangan ini. Selamat berjuang, saya tunggu ilmunya …Insya Allah aktifitas RHI masih saya jaga/lakukan…

    wassalaam,

  5. makasih buat Mas Ahsin Muslim, semoga kita bersua di sana Allahumma Amien…

  6. saya tamu baru pak Ustadz, mendoakan semoga pak Ustadz diberikan kesempatan ke Masjidil Haram secepatnya dan setelah 2010, sehingga bisa menceritakan dengan lebih detail kedua gambar tersebut di atas.
    Amien

    insya Allah Gus Kun…wajazakumullah

  7. salam kenal pak, tukar-tukaran link ya pak

  8. Terima kasih ada informasi semacam ini, insyaAllah akan kami sampaikan kepada teman2 yang sedang manasik haji tahun 2008 ini agar dapat lebih memahami kondisi Mekkah saat i ni dan yang akan datang.

    Terima kasih……………

  9. kapan ya indonesia kayak gini padahal berapa duit
    uang indonesia yang masuk di arab .
    wah . kapan arab saudi mbantu negara kita yang sekarang lagi butuh dana

    mending gak usah naik haji terus 2 padahal negara kita miskin

  10. ok ustadz, ana doakan semoga cepat menunaikan ibadah haji. dan kita bisa bertemu di tanah suci Makkah dan Madinah al Munawwaroh. From Alumni in Madina

    jazakallah mas Sahlan, senang yaa rasanya tinggal di kota suci…salam

  11. Subhanallah, ya Allah tiada kata yang terucap kecuali Allahlah yang maha besar dan yang menciptakan Masjidil Haram dengan penuh pesona. Labbaik Allahumma Labbaik.

  12. saya setuju dengan perluasan masjidil haram semoga tambah indah.

    sekian

  13. saya setuju dengan perluasan masjidil haram semoga tambah indah.

    sekian

  14. suhanallah.,.,

  15. Jazaakallohu khoiro!
    Tahun lalu alhamdulilah saya berangkat haji yang ke-2 (pertama tahun 2003), situasi masjidil haram sibuk dengan pembenahan2.Saya rasakan sejak pasar seng digusur kita sulit mengenali pintu-pintu masuk ke dalam masjid, khususnya pintu Baabussalam yang paling dekat ke Kakbah. Semoga saja di tahun 2020 Alloh memberi umur panjang dan rezki untuk kita dapat berangkat haji. Amin (Bravo 313)

  16. saya sangaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaat setujuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu dengan perllllllllllllllllllllluasaaaaaaaaaaaaaaaaaaaan masjidil haram

    semoga cukceeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeessssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssss

    oceeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee

    byeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee

    byyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee

  17. Saudara seiman. kalau ingin berangkat Haji, mulai sekarang nabung dengan Dinar Emas. Insyaallah biaya makin tahun makin terjangkau, kalau menggunakan Dinar Emas.

  18. berangkatnya bareng ya pak…….Amien

  19. Aq sangat sutuju karena dengan dibangunannya akan menjadi baik dan untuk kemaslakatan t umat islam khususnya

  20. Subhanaallah…jika Masjidil Haram diperluas seperti itu…rasanya saya tidak akan ragu lagi untuk segera niat guna melaksanakan ibadah Haji dan Umroh

  21. Subhanallah indahnya. Alhamdulillah sy pernah ksana, tp ksana lagi ??? Mauuuuuu

  22. Subhanallah mudah-mudahn segera terlaksana, seminggu yang lalu saya baru datang dari Mekkah sungguh luar biasa saat pertama kali melihat Ka’bah saya hampir pingsan, tak kuasa air mata dan hati ini langsung bersujud di depan pintu Ka’bah. Sepekan ini walopun sdh ditanah air tiap malam bermimpi sholat di Masjidil Haram. Yaa Robbi panggil kami kembali untuk bersujud di depan Ka’bah Mu.

  23. IJAZAH PALSU

    Banyak sekali diantara kita semua yang terjebak dalam lubang pengangguran.
    Menyedihkan memang ketika kita berulang kali keluar masuk dari satu perusahaan keperusahaan lain namun hasilnya tepap sama,DITOLAK!!!.
    Mungkin juga diantara kita berfikir kenapa untuk menempuh jenjang pendidikan yang tinggi membutuhkan biaya yang tidak sedikit,bahkan cenderung makin menjerat.
    Sedangkan untuk memperolah pekerjaan yang layak baik di instansi pemerintah maupun perusahaan swasta selalu disyaratkan: MINIMAL D3 atau S1.
    Salah siapa?!
    Apakah anda ingin berubah?
    Atau ingin selalu dijajah?

    ANDA BUTUH IJAZAH UNTUK MELAMAR KERJA/MELANJUTKAN KULIAH/KENAIKAN JABATAN?!?!

    -SMU:3.000.000
    -D3:6.000.000
    -S1:8.000.000

    * AMAN, LEGAL, TERDAFTAR DIKOPERTIS, BISA UNTUK MASUK(PNS, TNI, POLRI).

    JUGA MELAYANI PEMBUATAN SURAT SURAT PENTING SEPERTI:SIM, STNK, KTP, REKENING BANK, SURAT TANAH, AKTE KELAHIRAN.BPKB, N1, SURAT NIKAH, DLL.

    SYARAT:KTP/SIM,FOTO BERWARNA DAN HITAM PUTIH,UNIVERSITAS YANG DITUJU,IPK YANG DIMINTA(MAX 3,50),TAHUN KELULUSAN YANG DIMINTA,ALAMAT PENGIRIMAN YANG DIMINTA.KIRIM KE:arief_gagah@yahoo.com

    BERMINAT?

    HUB: 085736927001.

    (HANYA UNTUK YANG SERIUS SAJA)

    Nb:Semua manusia berhak meiliki pekerjaan dan pendidikan yang layak,entah dari kalangan atas,menengah dan bawah.Maka dari itu kami ada untuk anda yang mebutuhkan ijazah atau surat-surat penting lainnya.

    —TERIMAKASIH—

  24. saya tidak setuju dengan semua komentar2 yang ada di atas karena sangat membahayakan seluruh warga indonesia
    4745 P3RH4714NNY4 54Y4 UC4PK4N B4NY4K T3R1M4 K451H

  25. ijazah palsu……
    ngawur…..dari awalnya aja dah boong-boongan… dapat rizki juga kerja paling juga boong-boongan
    dapat duit….pasti gambarnya bagong….
    cari rizki yang halal dong…..

  26. alhamdulillah saya sudah 2.kali ibadah ke tanah suci ygpertama umroh ke dua haji. kalau masjidilharam jadi di ronofasi.besar besaran . .saya pesan kepada semua jamaah jangan terjebek dengan kemegahan bangunan iti .tapi lebih ke ibadah semata. sungguh alloh lebih tahu apa tujuan jamaah ke tanah suci. semoga terkabul. amiiiiiiin.

  27. subhanallah

    subhanallah

  28. semoga berhasil kan ni jaman saya naik haji

  29. subbhanallah

  30. dungo dinungo ustadz, mugo sampurno dungane’………sahinggo sageto kinabulaken deneng Alloh SWT…..enggal dadi kasunyatan…………….nindakno rukun islam kang limo….. Amiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiin

  31. Suatu Master Plann Masjidil Haram , yang Kelihatannya sangat INDAH dan Mempunyai MAKNA Islami Yang Tinggi. Pada tahun 2010 kami dengan Istri Berangkat Menunaikan Ibadah Haji.
    Kami sangat MengApresiasikan Artikel Masjidil Haram ( Terbaru MasterPlann) Menjadikan CINTA Mendalam untuk Ingin Umroh . Insya Allah . Amiin YRA.
    Oh , Kalau Boleh Konsultan dari Mana ? .

  32. Assalamualaikum..WW…Mudah2an umat islam tambah taqwa dan berjihad dijalan Allah…bukan mencari keinginan lain dtg ke tanah suci

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 107 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: